Friday, May 6, 2016

Warga Balikpapan Meninggal Di Gunung Ijen - Jawa Timur

Seorang wisatawan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen, meninggal dunia saat melakukan pendakian, Jumat (6/5/2016). Heru Purwanto (39) warga Balikpapan, Kalimantan Timur ini meninggal dunia, setelah mendapatkan pertolongan dan dibawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi. Diduga, korban meninggal karena sesak nafas terkena serangan jantung. 

Sebelumnya, korban bersama dengan keluarga dan rekan kerjanya dari Kalimantan Timur berniat berwisata di TWA Gunung Ijen. Korban tiba di Paltuding sekira pukul 07.00 Wib. Lalu bersama dengan keluarga dan rekan kerjanya naik hingga ke puncak Ijen. Namun saat turun, korban merasakan sesak napas.

"Korban sesak napas saat turun dari puncak. Sempat ditolong diturunkan dari puncak dengan troli ke pondok Bunder. Dari sana turun pakai motor trail," ujar Kapolsek Licin, AKP Jupriadi Jumat (6/5/2016).

Setelah sampai area parkir Paltuding, kata AKP Jupriadi, korban langsung dilarikan ke RSUD Blambangan Banyuwangi. Namun sayang, setelah mendapatkan perawatan intensif, korban meninggal dunia. 

"Korban meninggal sekira jam 11.30 Wib. Polisi tidak melakukan otopsi karena keluarga korban tak bersedia. Kita hanya lakukan visum luar," tambah AKP Jupriadi.

Selanjutnya, jenazah korban langsung di kremasi. Dan diserahkan kepada keluarganya untuk dibawa pulang ke rumah duka di Balikpapan Kaltim.

Terkait dengan insiden ini, AKP Jupriadi menghimbau kepada wisatawan yang akan ke TWA Gunung Ijen untuk mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Sebab saat mendaki Gunung Ijen membutuhkan kondisi fit dan sehat. 

"Kita imbau agar wisatawan untuk cek kesehatan dulu. Karena kalau terjadi apa-apa rumah sakit jauh dari Ijen," pungkasnya.(bdh/bdh /detik)

0 komentar:

Post a Comment